Hardware

Perebutan kekuasaan antara dua Chipset

Jumat, 30 Mei 2014 - 13:42:33 WIB | dibaca: 1148 pembaca

MASALAH
Bagian mana yang hilang? Salah seorang pembaca CHIP sedang menghadapi sebuah puzzle yang membingngkan. Dengan berbekal pengetahuan hardware yang mencukupi, ia memasang sebuah 3D graphic card baru ke dalam PC-nya_Diamond Viper V550 dengan chipset Riva TNT. Namun, beberapa degan harapannya, bukannya kenikmatan bermain game dalam resolusi tinggi yang ia dapatkan: komputernya crash berulang kal. Bagi seorang peminat game serius, ini jelas satu hal yang sangat menyesalkan dada.
Semua usaha yang ia ketahui telah dijalankan. mulai dari memeriksa kembali pemasangan, membaca manual dangan teliti, sampai instalasi ulang Windows 95 dari awal. ia menghubugi redaksi CHIP untuk meminta bantuan.
DIAGNOSA
Instalasi ulang Windows 95 berikut driver bawaan dalam CD  tidak membawa hasil sama sekali. Persis seperti yang dilakukan oleh pembaca sebelumnya. Tidak ada jalan lain, CHIP harus membuka komputer pembaca tersebut. Pemeriksaan mulai dilakukan pada pemasangan kabel dan periferal yang ada. Tampaknya perakitan kompuer ini dilakukan oleh orang yang mengerti komputer: Semua terlihat rapih dan terpasang kokoh seperti yang seharusnya.
Kecurigaan dialihkan ke 3D graphic card itu sendiri, karen misalnyamuncul begitu dipasang ke komputer pembaca. Oleh karena itu, tanpa menunda lagi, Diamond Viper V550 dipindahkan kekomputer milik CHIP Test Center yang menggunakan mainboard Intel BX. Hasilnya: Tak ada yang menghalangi CHIP, juga tidak bermasalah jika dipasang pada komputer milik pembaca. Bahkan setelah dihidupkan selama beberapa jam sambil menjalankan CHIPmark, tidak ada masalah apapun. jadi dari mana sebenarnya masalah yang memuakkan ini berasal? Setelah mengamati Motherboard Asus P5A milik pembaca dengan seksama, baru je;as penyebabnya: Chipset ALi-5
SOLUSI
Sebelumnya CHIP pernah mendapat kabar dari beberapa pembaca yang mengatakan bahwa card Riva TNT dengan motherboard yang memakai chipset ALi-5 selalu bentrok. Ini terutama terjadi jika dipakai AMD K6-2/300 sebagai prosesornya: Motherboard bekerja pada bus-clock 100 MHz yang mempertajam masalah timingantar-periferal.
Untungnya, pemecahan masalahnya telah diberitahu di website Asus dan nVidia: Update driver untuk graphic card dan file BIOS baruuntuk motherboard. Lalu, apayang akan Anda lakukan jika tidak memiliki hubungan ke internet atau jika komputer selalu crash?










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)